6 Kampus Favorite Terbaik di Maluku Versi Webometrics , Nomor 1 Tidak Terduga !!

UNISA Webometrics sudah mengeluarkan rangking kampus di dunia dan Indonesia ini per bulan februari 2024. Dalam pemberian ranking universitas menurut Webometrics , sejumlah kampus yang berada di Maluku ini juga terhitung masuk dalam pemeringkatan.

Terdapat tiga indikator penilaian dari lembaga Webometrics untuk pemberian ranking kepada masing masing perguruan tinggi yaitu Excellence , Transparency , Visibility.

6 Kampus Terbaik di Maluku Menurut Webometrics 

Berikut ini adalah beberapa nama universitas  terbaik yang saya sebutkan berdasarkan pemeringkatan dari lembaga webometrics 2024 yaitu : 

Universitas Terbuka

Pada posisi pertama ada universitas perguruan tinggi terbuka. Perguruan tinggi dengan basis pembelajaran via online ini masuk dalam 100 kategori besar tempat terbaik se indonesia menurut webometrics. Mendapatkan urutan 60 dan terdapat beberapa jenjang pendidikan yang tersedia yaitu diploma , s1 , s2 , hingga s3 yang dapat di ambil oleh peserta studi.

Institut Muslim Negeri ( IAIN Ambon )

Kampus yang terletak di ambon ini berhasil meraih urutan ke 151 perkuliahan terbaik se indonesia. Perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di maluku ini sudah mempunyai fasilitas yang lengkap seperti ruang kuliah , perpustakaan , laboratorium dan area olahraga yang lengkap.

Universitas Darussalam Ambon

Kampus Unidar ini telah lama didirikan pada tahun 2000. Unidar juga telah mendapatkan akreditasi baik sekali dari badan akreditasi perguruan tinggi yaitu BAN PT. Menurut webometrics unidar ini berhasil memasuki peringkat ke 206 di indonesia.

Universitas Pattimura 

Pada urutan ke empat kampus perguruan tinggi yang ada di maluku ini adalah kampus pattimura ambon atau biasa disingkat Unpatti. Kampus ini berhasil menduduki peringkat 311 kampus terbaik di indonesia versi webometrics.

Universitas Kristen Indonesia Maluku 

UKIM ini telah berhasil masuk dalam deretan kampus terbaik yang ada di maluku. Menurut webometrics. Walau dengan urutan yang jauh dari unpatti, dengan menduduki ranking 770 kampus terbaik yang ada di Indonesia. Kampus ini mempunyai berbagai variasi bidang studi yang telah di minati banyak mahasiswa.

Politeknik Perikanan Negeri Tual

Selanjutnya ada kampus terbaik dari kepulauan kei maluku yaitu Polikant. Polikant sampai saat ini masih merupakan satu satunya politeknik negeri indonesia yang mempunyai bidang khusus pendidikan tinggi vokasi pada perikanan dan kelautan.

 

Kampus ini juga hanya mempunyai satu jurusan saja yaitu jurusan teknologi perikanan dengan satu program jenjang D3 yaitu prodi Teknologi Hasil Perikanan, serta mempunyai 5 prodi dimana terdiri dari program diploma 3 dan 1 program sarjana studi.