Al Khabir Artinya Dan Pengertian Lebih Mendalam

Al Khabir merupakan bagian nama lain Allah SWT. atau lebih dikenal dengan Asmaul Husna. Tell co id Bagi Umat muslim hukumnya wajib mengetahui arti Al khabir Serta Asmaul Husna Dan artinya.

Dikutip dari buku Rahasia Keajaiban Asmaul Husna dijelaskan bahwa Asmaul Husna juga berasal dari kata Al Asma.
Kata Al Asma memiliki arti nama. sedang Al Husna artinya terbaik. Dengan Begitu. asmaul husna dapat diartikan sebagai nama-nama untuk Allah SWT.

Salah satu nama Baik dari Allah Swt. Lalu apa pengertian Al Khabir?

Al Khabir bisa diartikan sebagai Allah Swt. Maha mengetahui segalanya, selalu memperhatikan, dan tidak ada yang bisa lepas pengawasan Allah Swt. Al Khabir dapat dimaknai bahwa mengetahui semua hal yang dilakukan manusia.

Bahkan tanpa manusia mengucapkan atau melakukan perbuatan. Selalu mengetahui kebenaran yang ada. Selain itu, Allah Swt. JUga punya pengetahuan yang luas terhadap makna dan kualitas segala hal.

Namanya Sendiri sebutan secara langsung dalam Al-Quran satunya merupakan dalam buku ajaran.

Artinya;” Hai orang-orang,  yang menciptakan  dirimu dari  badan  seorang pria dan wanita menjadikan kamu  bangsa dan bersuku  agar kamu bisa  saling berdekatan satu dengan lainnya.

sungguhnya manusia yang agung antara dirimu sisi Allah merupakan Orang yang paling takwa antara kamu. sesungguhnya Allah maha Tahu lagi Maha Mengenal..

Asmaul Husna Lainnya

Selain Al Khabir, ada  beberapa deretan nama  yang lain dari Allah Swt. Berikut ini adalah beberapa nama Asmaul Husna yang wajib diketahui oleh Umat Muslim.

  • Ar Rahman, Artinya: yang maha pengasih
  • Ar rahim; Artinya yang maha penyayang
  • Al Malik, Artinya yang maha merajai (diartikan Raja dari semua raja)
  • Al quddus, Artinya yang maha suci
  • As Salaam, Artinya: yang maha memberi kesejahteraan
  • Al Mu’min, Artinya yang maha memberi Keamanan
  • Al Muhaimin, Artinya: yang maha mengatur
  • Al’ Aziz, Artinya: yang maha perkasa
  • Al Jabbar, Artinya: yang memiliki kegagahan
  • Al Mutakabbir, Artinya: yang maha megah, yang memiliki kebesaran

 

Dengan meyakini dan meneladani Asmaul Husna Al Khabir, Sebagai umat muslim kita harus mampu mengendalikan diri dalam mengahdapi nafsu dan tipu muslihat, serta membedakan kejelekan dan kebaikan.

Di sebuah buku ayat, Rasulullah SAW diajarkan berdoa agar senantiasa dijauhkan oleh dosa dan kesalahan sesama.

“Ya Allah  SAW., Jauhi  diriku kesalahan yang diperbuat kalau kamu telah menjauhkan timur dan barat. Ya Allah, Aku berlindung kepada MU dari malas, dosa, kerugian.”(HR.Bukhari dan muslim)

Asmaul Husna Al Khabir Bisa dijadikan umat Kalimat Dzikir. memperbanyak bacaan sama seperti memuji kebesaran dan kemuliaan Allah SWT.